Minggu, 24 Maret 2019

Cara Bersih-bersih Agar Google Drive Tidak Perlu Bayar - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Bagi sebagian besar pengguna internet, layanan penyimpanan awan Google Drive kini sudah menjadi bagian yang tak dapat disimpan. Google Drive menjadi tempat di mana para pengguna menyimpan dokumen penting seperti foto, video, atau file lainnya.

Layanan Google Drive ini diberikan secara cuma-cuma untuk para pengguna, tetapi kapasitasnya maksimum hanya 15 GB. Jika ingin yang lebih besar, ada yang harus dibayar.

Dengan kapasitas yang cukup kecil ini tentu saja dokumen yang bisa dipasang pun jadi lebih terbatas. Dapat digunakan rajin "penyimpanan" agar tidak cepat penuh.

Berikut ini adalah beberapa cara bersih-bersih Google Drive dengan mudah, yang dirangkum KompasTekno dari The Verge, Minggu (24/3/2019).

Hapus file besar

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan menyimpan file sehingga ruang penyimpanan kembali besar. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke tautan berikut ini. https://drive.google.com/drive/u/0/quota

Halaman ini akan mengulas file yang baru saja dirilis. Anda dapat memilih file apa saja yang akan dipindahkan dari penyimpanan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menginstal aplikasi apa pun yang pernah diinstal pada smartphone Anda yang menyimpan data secara tersembunyi.

Caranya, pada halaman tadi klik ikon roda gerigi di bagian kanan atas. Kemudian klik pengaturan menu dan masuk ke menu "kelola aplikasi". Di sana Anda akan menemukan aplikasi apa pun yang menyimpan file tanpa Anda dapatkan sebelumnya.

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, lakukan juga Anda mengosongkan folder "trash" di Google Drive Anda.

Kurangi kualitas foto

Pengguna ponsel Android dapat mencadangkan foto-foto miliknya secara otomatis melalui layanan Foto Google. Layanan ini juga mengambil ruang dari Google Drive untuk menyimpan foto-foto tersebut.

Agar dapat menampung lebih banyak file, ada yang setuju Anda melakukan pengaturan berikut ini:

Masuk ke halaman pengaturan Google Foto melalui pendaftaran berikut. https://photos.google.com/settings

Pada halaman tersebut, Anda akan melihat dua pilihan teratas yaitu "Asli" dan "Kualitas Tinggi (penyimpanan tidak terbatas gratis)". Pilihlah menu "Kualitas Tinggi" untuk mendapatkan penyimpanan tak terbatas khusus untuk Foto Google.

Pada halaman yang sama, Anda juga akan menemukan tombol "Pulihkan penyimpanan". JIka Anda mengklik tombol ini, maka semua foto dan video akan diubah resolusinya jadi lebih kecil.

Baca juga: Menkominfo Imbau ASN Tak Pakai E-mail Gmail dan Yahoo, Ini Alasannya

Hapus email jumbo

Salah satu hal yang membuat ruang penyimpanan Google Drive jadi cepat penuh adalah lampiran ( lampiran ) pada email yang menyimpan besar. Anda harus menginstal lebih lengkap.

Caranya mudah, pertama ketik "memiliki: lampiran lebih besar: 10M" pada kolom pencarian email di bagian atas. Kemudian akan muncul kumpulan email dengan lampiran yang bertambah 10 MB.

Pilihlah e-mail tersebut yang menurut Anda sudah tidak penting, kemudian hapus. Untuk memastikannya, buka folder "trash" pada email Anda dan klik tombol "trash kosong sekarang" untuk membersihkan semua yang telah dihapus.

Baca juga: Begini Cara Batalkan E-mail yang Terlanjur Terkirim di Gmail



Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar