Minggu, 24 Maret 2019

Waspada, Ada Iklan Spanduk Penyedot Kuota dan Baterai Android - Hitekno.com - hitekno

Baterai smartphone Android tiba-tiba habis ?. (Pixabay)

Hitekno.com - Menemukan iklan banner yang menggangu pengguna smartphone Android . Iklan yang muncul di situs dan aplikasi ini dapat menyedot kuota internet dan baterai Android .

Disebutkan, pengguna smartphone Android yang membuka aplikasi atau situs dengan iklan banner ini akan tersedot daya baterainya.

Tak hanya itu, untuk dapat membuka spanduk ini juga menyedot kuota internet dalam jumlah yang besar.

Terkait dikutip dari Buzzfeed , Jumat (22/3/2019), baru-baru ini ditemukan sebuah perusahaan yang menyediakan iklan berisi video namun menerima dalam bentuk spanduk.

Sepintas, cara kerja iklan mirip dengan cryptojacking, yaitu menyusup ke perangkat (smartphone, tablet, atau PC) dan gunakan untuk menambang cryptocurrency.

Ilustrasi mengisi daya smartphone. (Pixabay)
Ilustrasi mengisi daya smartphone. (Pixabay)

Hanya saja, perbedaan dengan 'perbedaan' iklan ini menyusut dalam bentuk video, namun pengguna tidak menyadarinya.

Pasalnya, pembuat aplikasi menjual slot banner iklan yang muncul di aplikasi dan bisa dilihat oleh penggunanya. Di balik spanduk tersebut, si memutar video diputar iklan otomatis yang bisa dilihat oleh pengguna.

Baterai smartphone Android jelas akan lebih cepat habis karena memutar video. Begitu juga dengan kuota pengguna internet yang boros karena memutar otomatis memutar video.

Kecurangan siurangan tidak sampai disitu saja. Meskipun tidak benar-benar dilihat pengguna, namun video ini tetap dihitung sebagai iklan yang sudah ditayangkan dan dilihat oleh pengguna.

Parahnya lagi, pemilik aplikasi hanya mendapat bayaran untuk slot iklan banner non video, sedangkan si mendapat uang berlipat ganda karena bayaran untuk iklan video jauh lebih mahal.

Ilustrasi cryptocurrency. [Shutterstock]
Ilustrasi cryptocurrency. [Shutterstock]

Kabar dikeluarkan, larangan yang berhasil dilakukan, yaitu Media OutStream yang merupakan anak perusahaan dari Aniview yang berbasis di Israel.

Meski jumlah bukti kecurangan sudah terungkap, Aniview sendiri sudah menampik tudingan tersebut.

Juru bicara Aniview berdalih tentang perusahaannya diserang berbahaya dari pihak ketiga dan kini tengah melakukan investigasi internal untuk menanggulangi masalah tersebut.

Buat kamu pengguna smartphone Android, pernahkah memperbaiki masalah ini? Baterai dan kuota internet tiba-tiba tersedot banyak? (Suara.com/ Tivan Rahmat)


Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar