Selasa, 16 April 2019

3 Bidang Kerja Pilihan Generasi Milenial di Era Digital - Technologue ID

Technologue.id , Jakarta - Teknologi digital terus berkembang dengan pesat dan berhasil pada dunia perindustrian. Maka dari itu saat ini kita mengenal istilah revolusi industri 4.0 yang sangat mengedepankan inovasi teknologi.

Banyak perindustrian yang mulai menerapkan teknologi digital untuk berbagai aspek operasional bisnisnya. Yang dimaksud, profesi atau tenaga ahli bidang teknologi digital dengan kualitas yang baik dicari berbagai bidang industri.

Baca Juga:
Pemerintah Beri Beasiswa Gratis, Gali Talenta Digital Berbakat

Tahun 2018 Menteri Industri Republik Indonesia, Airlangga, juga menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan 17 juta tenaga ahli di bidang teknologi digital. Sementara, tenaga ahli dengan kualitas baik yang tersedia di Indonesia masih terbatas.

Nah, di sinilah peluang Anda yang ingin berprofesi dalam bidang teknologi digital semakin besar. Apa saja profesinya, simak review berikut!

1. Ilmuwan Data
Profesi ini banyak dicari oleh perusahaan Sebagian besar perusahaan yang mengumpulkan data dalam operasional bisnisnya. Misalnya, e-commerce yang memiliki data transaksi pelanggan. Data tersebut akan diolah menjadi informasi seperti tingkah laku pembelian pelanggan.

Bila memilih profesi ini, Anda perlu mengasah kemampuan menganalisa yang dalam dan berpikir kritis. Kemampuan ini akan diperoleh di perguruan tinggi dengan memilih peminatan Business Intelligence pada jurusan Sistem Informasi.

Baca Juga:
Tokopedia Beri Beasiswa Bagi Mahasiswa Terbaik di 24 Universitas

2. Pengembang Aplikasi
Saat ini sudah banyak aplikasi di smartphone yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari kita. Mulai dari belanja, kegiatan perbankan, hingga hiburan. Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan hasil Aplikasi dari Pengembang Aplikasi. Pengembang aplikasi pun terbagi menjadi, pengembang Android dan pengembang iOS yang memiliki karakteristiknya masing-masing.

Dalam mendukung dan memprogram aplikasi, Anda harus memiliki kemampuan dan logika yang kuat. Biasanya seorang Pengembang Aplikasi merupakan salah satu dari jurusan Sistem Informasi dengan peminatan Rekayasa Perangkat Lunak.

3. Pendiri Startup
Nadiem Makariem, CEO Gojek, dan Achmad Zacky, CEO Bukalapak adalah contoh pendiri startup digital yang sukses di Indonesia. Pemerintah Indonesia pun ikut mendukung pembangunan mulai dengan Gerakan 1000 Startup Digital yang ingin didukung di tahun 2020.

Dalam membangun startup digital, kemampuan berbisnis dan kemampuan akan teknologi digital disatukan. Anda dapat memperoleh lebih dari kompetensi yang dibutuhkan startup yang dapat diperoleh dari peminatan TI dalam Bisnis.

Baca Juga:
Bisnis Indosat Ooredoo Gelar Ajang Future Digital Economy Lab

Banyak universitas di Indonesia yang telah memiliki jurusan untuk mendukung tiga profesi di atas dengan kualitas yang baik. Misalnya, Unika Atma Jaya yang meiliki Fakultas Teknik dengan program program empati yaitu Teknik Elektro, Sistem Informasi, Teknik Industri dan Teknik Mesin.

Unika Atma Jaya juga bekerja sama dengan Digital Hub yang merupakan tempat disponsorinya startup, pemimpin teknologi, dan komunitas digital. Dalam kerja sama ini, Unika Atma Jaya menemukan sebagai penyedia tenaga ahlinya.


Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar