Selasa, 16 April 2019

Hindari Kebotakan dengan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini - Tempo.co


TEMPO.CO, Jakarta - Kebotakan salah satu hal paling menakutkan bagi sebagian besar pria. Mengapa hal itu bisa terjadi? Pakar rambut dari London, Inggris, Lucinda Ellery mengatakan rambut manusia mengalami perubahan setiap tujuh tahun sekali. Setidaknya ada 150.000 hingga 200.000 helai rambut yang ada di kepala dan setiap harinya 100 helai rambut akan rontok dengan sendirinya.

Baca: Ubah Gaya Rambut Jadi Botak, John Travolta Tuai Pujian

Itu berarti sekitar 36.000 helai rambut per tahun hilang dari kepala. "Rambut akan mengalami regenerasi dengan jumlah yang sama, namun lebih sedikit di setiap trimester,” kata Lucinda Ellery.

Ellery menjelaskan, di usia 15 tahun, rambut Anda berada pada masa kejayaan. Saat berusia 30 tahun, rambut akan mengalami perubahan, namun tidak mempengaruhi mental seseorang. "Usia 37 tahun menjelang 40 tahun, kebanyakan orang merasa panik, karena perubahan signifikan yang terjadi pada rambutnya, seperti kebotakan rambut akibat rontok. Sebenarnya tidak perlu panik, sebab itu hal yang wajar terjadi," katanya.


Meski dianggap hal yang secara alamiah terjadi, ia tetap merekomendasikan Anda untuk mengontrol asupan yang dikonsumsi sehari-hari agar kebotakan rambut dapat dicegah sejak dini. “Jika sedari dini Anda memperhatikan apa yang Anda konsumsi, bukan hanya rambut, bagian tubuh lain terlihat lebih bercahaya dan elastis," katanya.

Seperti yang dilansir dari Huffington Post, berikut adalah lima makanan yang perlu diperbanyak agar rambut tak mudah rontok.

1. Kacang kenari

Menurut Ellery, kacang kenari sangat baik untuk memerangi kebotakan rambut. Pasalnya, ia mengandung minyak alami yang dapat berkontribusi untuk memperkuat elastisitas rambut. “Minyak tersebut juga berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan rambut baru. Jika Anda tidak memiliki cukup minyak di dalam tubuh, rambut akan mudah sekali rontok,” katanya.

2. Bayam

Kekurangan zat besi merupakan penyebab kedua dari kebotakan rambut. Untuk mengatasinya, cukup konsumsi bayam. Sebab, ia merupakan salah satu makanan yang kaya akan mineral dan vitamin. “Dalam satu ikat bayam segar terdapat zat besi, beta carotene, asal folat hingga vitamin C yang baik untuk kesehatan folikel rambut dan menjaga minyak kulit kepala agar tetap stabil,” katanya.

3. Ikan halibut

Magnesium juga merupakan salah satu hal yang penting dalam mencegah kebotakan. Menurut Ellery, kandungan magnesium terbesar dapat Anda temukan pada ikan halibut. “Kurang magnesium juga dapat menyebabkan rambut mudah rontok. Oleh sebab itu, dari sekarang, Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan mengandung magnesium tinggi seperti ikan halibut,” katanya.

4. Yoghurt

Selain dapat dikonsumsi langsung, yoghurt juga dapat digunakan sebagai masker rambut. Sebab, kandungan vitamin B5 dan vitamin D dalam yogurt berguna untuk menjaga kesehatan folikel rambut.

5. Wortel

Banyak penelitian yang berpendapat bahwa wortel dapat dimanfaatkan untuk memerangi kebotakan rambut sejak dini. Ini dikarenakan oleh kandungan beta carotene yang dimiliki wortel “Di dalam tubuh, beta carotene akan diubah menjadi vitamin A yang tak hanya baik untuk mata namun juga pertumbuhan rambut. Vitamin A menyerap minyak berlebih pada kulit kepala,” katanya.

Jadi, mulai sekarang selipkan makanan-makanan  ini di setiap jam makan Anda agar rambut tak cepat mengalami kebotakan.

BacaTopi Penyebab Kebotakan Pria? Mitos atau Fakta?

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | HUFFINGTON POST



Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar