Selasa, 16 April 2019

Apple Kucurkan Rp7 Triliun untuk Investasi di Industri Gim - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Apple mengucurkan uang untuk membeli di bidang video gim. Menurut jumlah orang di Apple, video gim akan masuk dalam layanan menerima gim Apple Arcade.

Pengeluaran investasi dengan nilai yang tidak sedikit ini menunjukkan sangat serius Apple membuat gim sebagai sumber pendapatan baru dengan metode langganan.

Mengutip Financial Time s, Rabu (17/4/2019), sebelumnya Apple mengumumkan Apple Arcade bulan lalu di Cupertino, California.

Apple menyarankan untuk mendorong sumber pendapatan baru dan lebih dapat diprediksi dari layanan lantaran online pertumbuhan penjualan meningkat untuk iPhone.

Menurut perkiraan jumlah analis, gim akan membentuk bisnis bernilai multimiliar dolar untuk AS dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, untuk membangun bisnis ini Apple membutuhkan investasi yang sedikit untuk mendukung layanan Arcade mereka.

Dengan mengatakan bahwa Apple telah menggelontorkan lebih dari 100 gim yang telah dipilih untuk diluncurkan di Arcade.

Kabarnya, total Apple menggelontorkan anggaran sekitar USD 500 juta atau senilai Rp 7 triliun.

Insentif Bagi Pengembang

Laporan Financial Times menyebutkan, Apple menawarkan ekstra insentif bagi pengembang jika mereka setuju memasukkan gimnya ke Arcade.

Pengembang juga mendukung untuk rilis di Google Play Android atau Microsoft Xbox.

Namun, setelah beberapa bulan eksklusivitas, pengembang akan merilis gim gratis mereka di PC atau konsol gim lain seperti di Nintendo Switch atau Sony PlayStation.

Judul yang sudah diumumkan di Apple Arcade antara lain adalah Sega Sonic the Hedgehog, Cartoon Network, dan Lego, serta gim baru dari pengembang independen seperti game ustwo, Annapurna Interactive, dan Bossa Studio.

Tentang Apple Arcade

Sebelumnya Apple mengumumkan layanan terbaru di ajang Acara Apple 2019. Salah satu layanan yang diperkenalkan adalah Apple Arcade.

Sesuai namanya, layanan ini terkait dengan gim untuk seluruh pengguna perangkat Apple. CEO Apple, Tim Cook, menuturkan layanan ini untuk meningatkan pengalaman bermain gim yang lebih baik.

Dikutip dari Tech Crunch , Apple Arcade merupakan layanan yang ditawarkan untuk pengguna perangkat iOS, macOS, dan tvOS yang ingin mengunduh gim bebas iklan. Ada lebih dari 100 judul gim yang tersedia eksklusif di platform ini.

Untuk mendukung Apple Arcade, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga sudah bekerja sama dengan pengembang untuk memproduksi judul gim sendiri. Beberapa rekanan dalam layanan ini adalah Disney, Konami, dan Lego.

Diperlukan, seluruh gim ini dapat dimainkan secara offline sehingga perlu diunduh terlebih dahulu. Jadi, Apple Arcade berbeda dari Google Stadia yang merupakan layanan streaming .

Seperti Apple Arcade dapat ditemukan langsung di App Store dan mendapat tab sendiri di toko aplikasi tersebut. Pelanggan layanan ini dapat dipastikan dapat memainkan gim yang lintas platform, mulai dari iPhone, iPad, Mac hingga Apple TV.

Rencananya, layanan ini baru akan tersedia pada akhir tahun ini, sebagaimana diumumkan pada harga untuk langganannya belum diungkap. Kendati demikian, Apple menyebut akan meluncurkan layanan ini di 150 negara.

(Timah / Isk)


Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar