Selasa, 16 April 2019

Malware Mengerikan "Exodus" Curi Data Ponsel, Terkait Kata Sandi & Foto - Media Formasi

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari kemunculan malware anyar bernama Exodus. Malware tersebut menyerang smartphone android dan iOS.

Dilansir dari Detik.com dan Tribun, Selasa (16/4), malware Exodus bisa mengambil data pribadi korbannya, seperti foto dan kata sandi. Awalnya, malware ini ditemukan pertama kali oleh Security Without Borders. Malware ini menyebar di perangkat Android, dan bersembunyi dalam bentuk file yang menyebar di aplikasi di Play Store.

Jika pengguna menginstal aplikasi yang mendukung tersebut, maka data-data yang pertama dicuri adalah nomor telepon dan nomor IMEI ponsel. Data-data tersebut kemudian dikirim ke server, yang kemudian dikirim kembali kode biner ke ponsel yang diperlukan untuk mengakses lokasi perangkat tersebut.

Lalu, sebuah program bernama DirtyCOW akan mencoba menyusup ke dalam direktori root, dan jika berhasil, maka Keluaran akan bisa mengambil data apa pun dari ponsel korbannya. Data-data yang bisa dicuri ini termasuk kata sandi, catatan percakapan, nomor kontak, dan bahkan foto.

Google sendiri sudah menambal celah DirtyCOW ini pada 2016 lalu, jadi ponsel-ponsel Android yang sudah diperbarui sistem keamanannya tak akan terdampak.

Tak puas menyebar di Android, Keluaran pun kemudian menyebar ke iOS. Yaitu dengan menyusup ke dalam program Developer Enterprise Apple, yang membuat perusahaan dapat menginstal aplikasi kustom ke perangkat milik karyawannya. Apple pun kini sudah menarik izin tersebut, dan disetujui Exodus tak bisa lagi menjangkiti perangkat iOS.

Kembali ke Atas


Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar