Rabu, 17 April 2019

Sony PlayStation 5 belum siap tampil tahun ini - tek.id

Dikabarkan, dengan menggunakan CPU generasi terbaru dan GPU Navi, PlayStation 5 dapat dimainkan hingga pada resolusi 8K.

Sony pastikan PlayStation 5 belum siap tampil tahun iniPlayStation 4 Engadget

Desas hadir konsol konsol generasi berikutnya milik Sony sudah terendus semenjak akhir tahun lalu. Namun, Sony dengan informasi terkait terkait dengan konsol yang dipercayai sebagai PlayStation 5 dari awak media.

Namun, membuka ini, pihak Sony sudah mau membuka tentang menghadiri konsol tersebut. Dalam wawancara yang dilakukan oleh Wired (17/4/2019), perwakilan Sony pun membeberkan sedikit informasi tentang konsol tersebut.


BACA JUGA

Kini para gamer dapat mengubah ID PSN mereka

Bocoran stik PlayStation 5 mencuat, punya layar di tengah

Sony lebur divisi smartphone mereka dengan divisi lain


Mereka mengatakan, ada beberapa fitur yang ada di PlayStation 5. Mulai dari dukugnan grafis hingga resolusi 8K, audio 3D, SSD super cepat, dan kemampuan kompatibilitas dengan game PlayStation 4 ada di perangkat tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu dari PlayStation 4, Mark Cerny. Dia mengatakan, konsol ini akan menggunakan arsitektur yang benar-benar berbeda dengan generasi sebelumnya. Jadi, bisa dipastikan performanya akan meningkat drastis.

Untuk menjalankan konsol ini, mereka menggunakan CPU custom milik AMD. Yang mengejutkan, CPU yang membantah adalah Ryzen generasi ketiga yang sudah memiliki teknologi fabrikasi 7nm.

Prosesornya pun akan memiliki total inti inti. Namun, tidak diketahui apakah teknologi Clustered Multi Threading (atau sama degnan hyperthreading milik Intel) akan hadir di prosesor tersebut.

Di sisi grafis, perusahaan teknologi asal Jepang ini mempercayakan GPU terbaru milik AMD, yaitu Radeon Navi. Jadi, dengan kolaborasi kedua hal ini, di atas kertas mampu menjalankan gim hingga resolusi 8K, jika para gamer memiliki TV yang bisa menjalankan resolusi tersebut.

Oh iya, jangan lupakan menerima teknologi ray tracing. Ternyata, selain Nvidia, AMD juga dilengkapi kemampuan tracing ray di GPU Navi mereka. Jadi, ada harapan kita dapat melihat persaingan AMD dan Nvidia di kancah ray tracing.

Untuk audio 3D untuk PlayStation 5, mereka kembali mempercayakannya ke AMD. Sayang, sampai saat ini masih belum diketahui chip apa yang akan digunakan, dan apakah Sony akan ikut campur tangan dalam mengembangkan lini ini atau tidak.

Kemudian, lompatan besar lainnya hadir penyimpanan besar dan cepat khas SSD. Mereka menjanjikan lompatan kinerja, terutama dalam tampilan memuat yang jauh lebih besar. Perbandingannya adalah dari 15 detik saat dibuka gim Spider-Man di PS4 naik menjadi 0,8 detik di PS5. Wow!

Satu hal lagi yang sangat penting bagi para gamer, yaitu adanya dukungan kompabilitas dengan konsol PlayStation versi sebelumnya. Jadi, para gamer tidak perlu mengganti konsol untuk memainkan gim preferensi mereka.

Sayang, saat diumumkan kapan saja PS5 akan hadir di pasaran, Cerny hanya mengatakan bahwa perangkat ini belum siap untuk diluncurkan pada 2019. Dia juga tidak memberikan respons kompilasi yang mendukung konsol yang akan diluncurkan 2020 atau tidak.

Meski begitu, dia mengakui bahwa saat ini beberapa pengembang gim sudah mendapatkan Kit Pengembangan untuk PlayStation 5. Yah, kita tunggu saja kapan saja pastinya konsol ini akan diluncurkan secara resmi oleh Sony.


Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar