Kamis, 11 April 2019

Gara-Gara Grab, Pendapatan Driver Jadi Berlipat Ganda - CNBC Indonesia



Jakarta, CNBC Indonesia

- Pendapatan mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar tercatat naik lebih dari dua kali lipat setelah bergabung dengan Grab.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh CSIS dan Tenggara Strategics, pendapatan pengemudi GrabBike naik 113% menjadi Rp 4 juta sedangkan untuk GrabCar naik 114% menjadi Rp 7 juta per bulan.

Survei yang dirilis Kamis (11/4/2019) untuk GrabBike, 50% mitra pengemudi memiliki pendapatan di kisaran Rp 3-5 juta. Di mana sebelumnya hanya 22% dari mitra pengemudi yang memiliki pendapatan pada kisaran ini.


Sementara itu, terdapat 18% mitra pengemudi yang berada pada kelompok pendapatan Rp 5-7 juta setelah bermitra dengan GrabBike. Dari hasil survei disimpulkan pula bahwa mayoritas mitra GrabBike memiliki tingkat pendapatan 135% di atas rata-rata pengusaha informal dan 208% di atas pekerja bebas.

Hasil survei juga menunjukkan jika mitra pengemudi GrabCar berhasil melampaui rata-rata pendapatan sektor informal yang tercatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Sebelum bermitra, mayoritas responden atau sekitar 75% berpendapatan di bawah Rp 5 juta. Sebaliknya, setelah bermitra, 68% berpendapatan di atas Rp 5 juta.

Adapun alasan mengapa ada peningkatan produktivitas karena teknologi Grab berhasil mempertemukan pengguna layanan dengan mitra pengemudi secara efektif dan efisien. Platform ini mengurangi waktu tunggu mitra pengemudi dan meningkatkan rata-rata jumlah perjalanan yang dapat mereka ambil.

Hasil survei memang menyebut jika Grab memberikan kontribusi untuk perekonomian Indonesia sebesar Rp 48,9 triliun. GrabFood menjadi penyumbang terbesar, diikuti oleh GrabBike dan GrabCar.

GrabFood yang merupakan kontributor terbesar, menyumbang Rp 20,8 triliun dari Rp 48,9 triliun. Demikian juga, GrabBike dan GrabCar berkontribusi masing-masing Rp 15,7 triliun dan Rp 9,7 triliun . Kudo melalui jaringan agennya menciptakan kontribusi ekonomi sebesar Rp 2,7 triliun.

Saksikan video Adu Kuat Grab Vs Gojek[Gambas:Video CNBC] (dob/dob)







Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar