Kamis, 11 April 2019

Ponsel Transparan LG Terlalu Khayalan? - Detikcom

Jakarta

- Saat ini ada tiga tren di ranah gadget: ponsel lipat atau tablet hybrid, perangkat fleksibel yang bisa diubah-ubah bentuk, dan perangkat transparan.

Dua di antara tiga tren yang sudah mulai digali oleh vendor, hanya satu yang masih jarang yang tertarik mewujudkannya, yaitu ponsel transparan.

Meski demikian, hal itu tidak membuat perusahaan teknologi berlomba-lomba paten. Inilah yang dilakukan LG . Pengajuan paten ponsel transparan dari perusahaan asal Korea Selatan ini baru saja dikabulkan.

Jika melihat deskripsinya, boleh dibilang ini adalah perangkat yang paling disetujui, yaitu perangkat yang tidak hanya dapat dengan mudah dilipat dan juga memiliki layar yang dapat digunakan secara transparan.

Sebenarnya, seperti dikutip dari Slash Gear , Kamis (11/4/2019), paten ini sudah didaftarkan LG sejak akhir 2015, jauh sebelum kita melihat kemunculan prototipe gadget lipat.

Namun kompilasi ponsel dan tablet lipat mulai bermunculan, LG bermimpi lebih ingin membuat perangkat yang lipat yang seluruh layarnya, di bagian depan dan belakang dan transparan.

Dari sisi desain dan teknis, ide ini penuh tantangan. Mengajukan gadget, menyetujui untuk membuat gadget bisa transparan secara keseluruhan.

Hal ini karena gadget memerlukan ruang untuk komponen seperti baterai, kamera dan lain-lain. Paten LG sendiri mencantumkan deskripsi, jika tidak memungkinan transparan, keseluruhan ada satu sisi perangkat dibuat non-transparan yang membahas untuk komponen-komponen yang sudah disetujui sebelumnya.

Paten LG juga mengumumkan perangkat ini akan mengeluarkan peka terhadap sentuhan di kedua sisi. Berharap, kompilasi layar benar-benar transparan atau mudah tembus pandang, pengguna dapat disebarkan dengan sangat mudah. Ini bisa saja membuat ponsel beroperasi secara tidak sengaja.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, sebagian LG telah menyetujui ide mereka untuk penerapan di masa depan.

Belajar dari kecanggihan teknologi, kita sudah sering melihat hal-hal yang dulu diterima khayalan dan dianggap gila, dengan kemajuan teknologi hal itu terwujud di masa sekarang. Ya, mungkin demikian juga dengan ponsel transparan LG ini.

(rns / krs)


Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar