Senin, 15 April 2019

Sudah Bisa Diunduh, Ini Bedanya Spotify Lite dengan Versi Standar - Kompas.com - Tekno Kompas.com

KOMPAS.com - Spotify versi ringan alias Spotify Lite sudah dapat diunduh dan digunakan di Indonesia. Meski masih dalam versi Beta, pengguna ponsel Android sudah dapat mendukung melalui Google Play Store .

Spotify Lite pertama kali diluncurkan pada pertengahan 2018 yang lalu dan dirilis di beberapa wilayah dunia.

Aplikasi untuk mengakses layanan streaming musik Spotify mengaku lebih ramah untuk smartphone lawas karena hanya mengklaim 15 MB atau sekitar 50 persen lebih kecil dari aplikasi Spotify biasa.

Lantas, selain ukuran aplikasi yang lebih kecil, apa saja perbedaan Spotify Lite dengan Spotify versi standar?

Bisa atur penggunaan kuota data

Pilihan untuk menggunakan data kuota maksimal dalam pembayaran, di aplikasi Spotify Lite.Spotify

Pilihan untuk menggunakan data kuota maksimal dalam pembayaran, di aplikasi Spotify Lite.

Ada satu keunggulan Spotify Lite yang tidak dapat ditemukan di Spotify versi standar, yaitu fitur untuk menyetujui penggunaan kuota data perbulan internet.

Pada Spotify Lite, pengguna dapat membuat kuota maksimum yang digunakan untuk streaming musik setiap bulan.

Spotify Lite menyediakan 6 pilihan batas maksimal yaitu 250 MB, 500 MB, 750 MB, 1 GB, 2 GB dan 3 GB setiap bulan.

Baca juga: Langganan Spotify Kini Bisa Lewat Tokopedia

Dengan begitu, pengguna dapat lebih mengalokasikan kuota yang diperlukan untuk digunakan mendengarkan musik melalui streaming Spotify Lite, tanpa khawatir menggunakan data terlalu besar.

Tidak ada mode offline

Dirangkum KompasTekn dari halaman resmi Spotify, Senin (15/4/2019) ada beberapa fitur yang absen dari Spotify Lite. Hal ini sebagai demi kepentingan membuat aplikasi kecil dan ringan.

Misalnya, opsi "mode offline" yang memungkinkan pengguna mengunduh lagu kompilasi Wi-Fi, sehingga dapat mendengarkan lagu yang tidak terkoneksi jaringan internet.

Fitur ini tidak hadir di Spotify Lite sehingga pengguna mau tak mau harus menggunakan kuota data seluler jika menggunakan aplikasi versi ringan tersebut.

Kemudian "Spotify Connect" juga tidak tersedia pada versi Lite. Fitur ini dapat digunakan agar pengguna dapat menyambungkan akses pemutaran dari smartphone ke laptop atau speaker, sehingga lebih fleksibel.

Baca juga: Spotify Revisi Batas Usia Pengguna di Indonesia

Pengaturan kualitas audio, yaitu "Rendah", "Sedang", dan "Tinggi" pun tidak akan ditemukan pada Spotify Lite. Hanya ada audio yang berkualitas standar.

Fitur berikutnya yang muncul di Spotify Lite adalah Podcast. Pengguna tidak dapat menemukan konten-konten Podcast pada Spotify Lite sehingga aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk mendengarkan musik saja.

Kendati demikian, bagi pengguna yang memiliki akun Spotify Premium, akun tersebut tetap dapat digunakan pada Spotify Lite. Hanya saja, fitur yang didapat akan terbatas. Pada Spotify Lite, fungsi utama akun untuk menghilangkan jeda iklan saja.



Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar