Sabtu, 13 April 2019

Canggih, Peternakan Sapi Ini Diperpanjang Teknologi 5G untuk Memerah Susu - Trubus.id

Berita Trubus
Syahroni | Pengikut 2
14 April 2019 08:00

Canggih, Peternakan Sapi Ini Diperpanjang Teknologi 5G untuk Memerah Susu

Peternakan sapi yang menggunakan teknologi 5G. (Foto: Reuters)

Trubus.id - Teknologi digital berkembang sangat pesat. Untuk mendukung perkembangannya, jaringan konektivitas 5G pun mulai dilindurkan. Namun siapa sangka, sebelum manusia dapat menikmati kesenangan dan kecepatan di jaringan tersebut, sapi dulu yang lebih dulu merasakannya.

Yah, sapi perah di Inggris lah yang pertama kali memanfaatkan konektivitas di jaringan 5g. Sapi perah Friesian ini memanfaatkan konektivitas 5G untuk mendukung tempat pemerahan susu di masa depan.

Dalam penggunaannya, sapi-sapi ini dikalungi dengan perangkat yang telah terhubung dengan jaringan 5G. Perangkat ini digunakan untuk mengatur sistem pemerahan susu sapi tersebut.

Baca Lainnya: Perusahaan di Belanda Kembangkan Peternakan Terapung Pertama di Dunia

Dilansir dari Reuters, cara kerja alat ini cukup mudah. Saat sapi siap diperah, ia akan membuka gerbang mesin yang otomatis akan dibuka. Perangkat ini yang kemudian akan dipindahkan sapi dengan tempat pemerahan dan ditempelkan pada puting sapi untuk memerah susu.

Manajer proyek Pusat Inovasi Presisi Teknik Pertanian (Agri-EPI) Center, Duncan Forbes mengatakan, perangkat yang dikalungi ke leher sapi itu tidak berbahaya dan pihaknya akan terus bergerak jika mereka menemukan tanda-tanda sapi yang menandakan stres akibat perangkat tersebut.

"Kami meminta kemampuan 5G untuk mengirimkan data dari sensor (perangkat yang dikalungkan ke leher sapi) dan tidak melalui PC pertanian," kata Forbes seperti dilansir Reuters.

"Teknologi ini dapat digunakan tidak hanya di sektor pertanian tetapi juga di masyarakat pedesaan di seluruh negara." tambahnya lagi.

Baca Lainnya: Teknologi NMR, Efektif Turunkan Gas Metana yang Keluar dari Sapi

Agri-EPI yang terletak di Shepton Mallet yang didanai oleh pemerintah Inggris ini menampung sekitar 50 dari 180 kawanan sapi dari seluruh peternakan.

Selain dipasangi kalung khusus, sapi-sapi ini juga telah dilengkapi 'anting' yang berguna untuk perbaikan kondisi kesehatannya. Untuk menyediakan infrastruktur pendukung, perusahaan susu sapi ini menggandeng Cisco System Inc. sebagai upaya uji coba konektivitas nirkabel dan seluler di tiga pedesaan di Inggris.

Peternakan 'pintar' ini juga memanfaatkan teknologi canggih lain yang menggunakan sikat otomatis yang akan mengelola kompilasi bergesekan dengan sapi. Tirai yang dioperasikan dengan sensor akan dibuka untuk otomatis mengirim makanan dari gudang melalui rel yang ditempatkan di langit-langit peternakan. [RN]

Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini?


Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar