Jumat, 12 April 2019

Evolusi Desain Layar Smartphone Vivo - Kontan

Jakarta, 12 April 2019 - Desain menjadi salah satu aspek yang esensial dalam pengembangan smartphone. Tren teknologi pun melanjutkan pembaharuan untuk menghadirkan smartphone yang terintegrasi pada desain dan fitur-fitur canggih di menyediakan untuk memberikan pengalaman yang lebih memudahkan berbagai kebutuhan pengguna. vivo, merek smartphone global dengan fokus pada mode dan teknologi, mengimplementasikan sebagaimana dimaksud dalam pengembangan V-Series yang menjadi salah satu seri unggulannya di Indonesia.

“Konsistensi dalam meningkatkan kepentingan konsumen serta menjadi bagian dari tren pelopor smartphone menjadi faktor penting perkembangan vivo sebagai merek smartphone di industri global, serta Indonesia sejak awal. Dalam perjalanan produk V-Series, kami terus melihat potensi pengembangan layar, mulai dari Layar FullViewTM pada tahun 2017, Layar Ultra Semua, hingga kini Layar Semua Ultimate di seri V15 & V15 Pro. Di ranah global, APEX 2018, NEX Series, dan terbaru APEX 2019 juga kami hadirkan untuk memberikan penjelasan tentang mana saja yang akan dilakukan oleh tim R&D kami ”, tutur Edy Kusuma, Manajer Umum Merek dan Aktivasi PT vivo Mobile Indonesia.

Perjalanan Smartphone dengan Notch

Desain layar dengan poni atau notch kemudian mulai marak dalam beberapa tahun setelahnya. Dengan adanya notch untuk memindahkan sensor, speaker, dan kamera depan, bingkai smartphone pun menjadi lebih ramping yang positif pada ukuran fisiknya yang mengecilkan sementara tetap mengusung layar besar. vivo V9 pun tampil menonjol dengan desain unik menggunakan notch, dan merupakan smartphone Android pertama dengan notch untuk pasar Indonesia. Dengan bezel kian menipis, Layar V9 menjadi lebih tinggi 76% di bagian atas dibandingkan dengan tampilan FullViewTM generasi sebelumnya.

Selanjutnya, perubahan ukuran notch pun kian tipis terlihat pada seri vivo V11 yang menggunakan desain Layar Ultra All meningkatkan 6,3 inci dengan resolusi 2280 x 1080 piksel dan rasio 19: 9. Sementara di seri Vivo v11 Layar Super Super AMOLED 6,41 inci dengan resolusi FullHD + 2340x1080 piksel dan aspek rasio 19,5: 9. Terkait menggunakan notch dengan desain yang diperkenalkan sebagai "Halo FullViewTM Display" oleh vivo secara global.

Era Layar Bebas Notch

Jika menilik ke belakang, vivo telah menghadirkan smartphone V-Series dengan desain layar yang terus mengubah. Pada seri vivo V7 yang mengusung layar FullViewTM Display misalnya, memiliki rasio 18: 9 dan rasio layar-ke-bodi 83,6%. Di jamannya, ponsel cerdas ini menggunakan layar HD + 5,7 inci dengan mengusung resolusi 720x1440 piksel dan bezel tipis 2,15mm. Kemudian layar penuh dengan desain All-New FullTMTM pada seri V9 yang memiliki rasio 19: 9 dan rasio layar-ke-bodi mencapai 90%.

Evolusi pada desain layar smartphone tidak dapat lepas dari kebutuhan konsumen untuk mendapatkan ruang layar yang bebas dari gangguan notch. vivo pun melakukan gebrakan di pasar smartphone dengan menghadirkan konsep desain tanpa notch dan hampir tanpa bezel, yang disebut APEX. Memiliki bagian depan yang paling tertutup oleh layar, vivo APEX memiliki bezel hanya 1,8 mm di sisi kiri dan kanan, serta bezel di sisi bawah 4,3mm, serta rasio layar ke bodi ponsel mencapai 95%. Pada model inilah untuk pertama kalinya, vivo menggunakan teknologi di-display scanner yang menyatu dengan layar, sensor jarak dan lubang suara yang disembunyikan di balik layar, dan kamera depan model pop-up. Konsep ponsel vivo APEX ini diwujudkan dengan menyerahkan vivo X21 yang memasukan teknologi dalam tampilan pemindai sidik jari untuk pertama kalinya, dan vivo NEX dengan kamera pop-up selfie yang muncul saat dibutuhkan.

Hadirnya vivo V15 Series

Kini, duo V-Series terbaru, vivo V15 dan V15 Pro, telah memulai era smartphone tanpa notch yang diluncurkan di Indonesia. Seri V terbaru dari vivo ini menampilkan Ultimate All Screen di layar seukuran 6,53 inci dan 6,39 inci ini dengan rasio layar-ke-bodi lebih dari 90%, sehingga mampu memberikan pengalaman visual terbaik kepada penggunanya, baik saat mengambil foto, bermain game, atau menonton video. vivo V15 Pro juga dilengkapi dengan layar Super AMOLED dengan resolusi tinggi yang membuat konsumen dapat menikmati pengalaman visual yang lebih baik.

“Mode dan Teknologi yang menjadi tajuk produk vivo cukup mewakili Arah pengembangan produk termasuk aspek desain dan layar vivo ke depan. Kami ingin terus menghadirkan produk yang tidak hanya mengejar kesempurnaan dalam inovasi, namun juga memiliki nilai estetika yang tinggi, ”Pungkas Edy.

Tentang vivo

vivo adalah perusahaan teknologi global terkemuka yang mengembangkan tren produk dan layanan ponsel cerdas. vivo dikhususkan untuk membuat ekosistem internet seluler yang dinamis, dan saat ini memiliki dan menginstal jaringan penelitian yang luas, dengan pusat R&D di AS (San Diego) dan Cina (Dongguan, Shenzhen, Nanjing, Beijing, dan Hangzhou). Pusat-pusat penelitian dan pengembangan vivo ini berfokus pada teknologi mutakhir termasuk juga 5G, AI, fotografi seluler, dan desain ponsel cerdas generasi selanjutnya.

vivo memiliki lebih dari dua ratus juta pengguna yang menikmati produk dan layanan selulernya di seluruh dunia. vivo hadir di 18 pasar global dan memiliki toko ritel offline di lebih dari 1.000 kota di seluruh dunia.


Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar