Jumat, 12 April 2019

Falcon Heavy Sukses Tunaikan Misi Komersil Perdananya - Suara.com

Suara.com - Sempat tertunda karena cuaca buruk, Falcon Heavy akhirnya benar-benar melakukan perpindahan komersial dari Pad 39A di pusat yang dimiliki NASA, Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat.

Roket yang diklaim terkuat milik sejagat milik SpaceX ini diluncurkan dalam rangka mengantarkan satelit komunikasi milik Arab Saudi, Arabsat-6A, menuju mengorbit.

Tidak hanya itu, prestasi lain juga ikut diukir SpaceX karena sukses didaratkan kembali penguat milik Falcon Berat secara bersamaan.

Menurut laporan Verge yang dikutip Jumat (12/4/2019), dua booster luar mendarat sempurna di tempat pendaratan milik SpaceX di Cape Canaveral, Florida. Sementara penguat intinya mendarat di kapal drone 'Tentu Saja Aku Masih Mencintaimu' ditempatkan di Samudera Atlantik.

Ini merupakan keberhasilan pertama untuk SpaceX, mempertimbangkan pada coba coba coba, hanya dua booster saja yang kembali ke Bumi dalam kondisi utuh.

Logo SpaceX. [Shutterstock] < figcaption> Logo SpaceX. [Shutterstock]

Atas penilaian tersebut, CEO SpaceX Elon Musk langsung memenangkannya dengan mengumpulkan postingan ketiga penguat yang mendarat itu melalui akun Twitter miliknya.

Pencapaian ini juga tidak dapat dilepaskan dari penggunaan booster baru SpaceX pada Falcon Heavy yang dinamai Block 5.

Berbeda dengan pendahulunya, booster ini membawa sejumlah fitur baru yang memudahkan lebih untuk didaratkan, sekaligus bisa dengan cepat digunakan kembali untuk misi berikutnya.


Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar