Senin, 15 April 2019

Kominfo sampaikan penyebab gangguan WhatsApp - ANTARA

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengirimkan server koneksi menjadi aplikasi layanan pesan instan milik Facebook, WhatsApp, tidak dapat diakses, pada Minggu (14/4) petang.

"Jadi Benar Kemarin, WhatsApp, Facebook, Dan Instagram turun di beberapa Wilayah di Dunia, termasuk Indonesia,” ujar Plt Kepala Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, di Jakarta, Senin.

Facebook, menurut Ferdinandus, telah mengajukan laporan perubahan server mereka kepada Kominfo menyetujui jumlah pengguna yang terus meningkat.

Bukan hanya aplikasi WhatsApp, media sosial Facebook dan Instagram juga lebih baik 40 jam, mulai pukul 18.00 WIB.

Baca juga: Gangguan WhatApp, pakar TI imbau masyarakat ganti ke PesanKita dalam kontribusi pesan berantai yang ditemukan di WhatsApp seusai layanan kembali normal, sambungan layanan yang disebut sebagai cara pemerintah untuk melacak masyarakat di media sosial.

Namun, Menteri Kominfo Rudiantara membantah rumor tersebut. " Enggak ," katanya sembari menggelengkan kepala.

Bukan hanya pengguna di Indonesia, pengguna tambahan dari Amerika Serikat, Bahrain, Inggris, Prancis, Thailand, hingga Oseania juga dapat memulihkan aplikasi Whatsapp, Instagram, dan Facebook, termasuk Facebook Messenger.

Sementara itu, The Verge, Minggu (14/4) melaporkan gangguan layanan Whatsapp, Instagram, dan Facebook yang merupakan gangguan kedua dalam jangka waktu satu bulan.

Baca juga: WhatssApp, Facebook dan Instagram "down" Minggu sore

Baca juga: Informasi tanda 3 centang di aplikasi Whatsapp, ini penjelasannya

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Imam Santoso
HAK CIPTA © ANTARA 2019


Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar