Kamis, 11 April 2019

Setelah Ditutup, Google+ Kini Jadi Google Arus dan Dibayar - Kompas.com - Tekno Kompas.com

KOMPAS.com - Jejaring sosial Google + telah ditutup pada awal April lalu. Kini, Google memperkenalkan sebuah aplikasi baru yang merupakan hasil rebranding dari Google+.

Aplikasi tersebut diberi nama Google Aktual . Pilih media sosial, Google Arus memungkinkan pengguna untuk saling berdiskusi dan berinteraksi.

Namun perbedaannya, Google Aktual diperuntukkan bagi para pengguna korporasi. Ruang terbatas yang tersedia di Google Saat ini pun terbatas hanya di dalam perusahaan yang menjadi tempat aplikasi ini digunakan.

Selain itu, Google Aktual menjadi bagian dalam aplikasi G Suite dan menjadi salah satu dari aplikasi berbasis web versi berbayar milik Google. Terkait, akan ada biaya yang dibebankan pada pengguna untuk menikmati layanan ini.

Alasan hadirnya aplikasi ini adalah karena Google melihat perusahaan membutuhkan cara berkomunikasi yang lebih resmi menyetujui email.

Dengan begitu, para karyawan dapat menggunakan Google Saat ini sebagai sarana komunikasi informal di perusahaan.

Baca juga: Apa Itu Google Stadia, Layanan Streaming Game yang Tak Butuh Konsol?

"Dengan menggunakan Arus, para karyawan dapat dengan mudah melihat diskusi yang menjadi tren di dalam organisasi mereka, dan mereka dapat mengikuti topik-topik yang menarik. Arus mulai tersedia dalam versi beta hari ini," tulis Google dalam laman resminya.

Seperti media sosial pada umumnya, pengguna Arus juga bisa melakukan "memperbarui status" yang memberikan ide-ide mereka untuk perusahaan. Nantinya, pengguna lain yang juga merupakan anggota perusahaan tersebut, dapat berkomentar pada status tersebut.

Terkait, dari sinilah terjalin diskusi di antara para karyawan dengan jalan yang informal tetapi masih dalam satu persetujuan perusahaan.

Baca juga: Kisah Zuckerberg yang Mau Hancurkan Google Plus

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (11/4/2019), Google Currents sendiri sejatinya nama baru yang diusung oleh Google. Aplikasi bernama Google Aktual juga pernah diluncurkan pada tahun 2011 lalu yang kemudian berganti nama menjadi Google News saat ini.

Saat ini, Google Aktual masih dalam pengembangan. Namun, pengguna yang ingin mencoba, bisa melakukan registrasi melalui halaman berikut ini.



Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar