Senin, 15 April 2019

Kecerdasan Buatan Kalahkan Tim Profesional Dota 2 - Medcom ID

Jakarta:

Kecerdasan buatan yang dibuat oleh OpenAI, grup peneliti nirlaba yang fokus pada pengembangan AI, berhasil mengalahkan tim Dota 2 profesional OG dalam acara yang diadakan di San Francisco.


AI berhasil memenangkan dua pertandingan berturut-turut. Pada babak pertama, tim OG berhasil bertahan selama lebih dari 40 menit. Sementara pada babak kedua, AI bisa memenangkan pertandingan dalam waktu kurang dari 20 menit.


Namun, tujuan akhir OpenAIi untuk membuat AI yang ahli bermain game, tetapi untuk membuat "Inteligensi Umum Buatan", ungkap salah satu pendiri OpenAI pada Quartz. AGI adalah konsep AI yang bisa belajar dan melakukan berbagai tugas, sama seperti manusia.

Bagaimana tanggapan Anda tentang artikel ini?

Jika membandingkan dengan AI yang ada saat ini, manusia dapat menawarkan berbagai kemampuan baru dengan lebih cepat. Sementara itu, AI OpenAI memerlukan waktu 10 bulan untuk menguasai Dota 2. Selama itu, AI itulah yang memainkan simulasi selama 45 ribu tahun permainan.


"Meskipun otak manusia basah dan panas dan sering salah, kemampuan komputasinya sangat hebat," kata Altman sebelum pertandingan.


Untuk memiliki komputasi yang sama dengan otak manusia, komputer harus memiliki ukuran yang sangat besar, cocok dengan komputer pertama yang dibuat. Dan memang, inilah yang terjadi. Selain hardware-nya sendiri, OpenAI menggunakan berbagai data center dari penyedia layanan cloud untuk penyelenggara AI buatannya, kata Altman.


Kemenangan AI pada hari Sabtu. Ini, OpenAI akan berusaha untuk melewati tantangan baru.


Filis Wolski, salah satu peneliti di OpenAI, mengatakan bahwa persaingan berikutnya yang mungkin akan mereka coba adalah permainan yang lebih rumit, seperti game yang mementingkan komunikasi antar pemain dan tidak mendukung karakter yang berbeda.


"Kita juga bisa mempersingkat waktu latihan AI ini, yang membutuhkan waktu 10 bulan, mungkin kita bisa mencoba teknik baru sehingga hanya memerlukan latihan selama satu bulan, satu minggu, atau bahkan lebih sedikit dari itu," kata Wolski.


"Satu hal yang harus kita pecahkan adalah jalan mana yang harus kita pilih untuk mengembangkan AI yang lebih rumit dan lebih baik memulai AGI."


Menurut Altman, hal lain yang tertarik untuk teliti adalah cara untuk meningkatkan daya guna yang dibutuhkan untuk melatih AI. Dengan begitu, mereka akan bisa membelanjakan yang dibutuhkan untuk melatih AI.

(MMI)


Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar